Jasa Pengiriman Indonesia

Jasa Pengiriman Indonesia

7 Dokumen Pengiriman Barang Memperlancar Logistik!

Jasa Pengiriman Indonesia – Ketika akan mengerjakan pengerjaan pengiriman barang lewat laut mengaplikasikan container, terdapat sebagian hal yang wajib Anda kenal. Seperti sebagian dokumen pengiriman barang lewat laut, yang mesti Anda siapkan sebelum melakukan pengiriman barang. Lalu apa saja dokumen pengiriman barang yang perlu Anda persiapkan?

Ragam Dokumen Pengiriman Barang

Selain pengiriman barang lewat udara, pengiriman barang lewat darat, terdapat pengiriman barang lewat laut. Pengiriman barang lewat laut dengan menerapkan container menjadi opsi terbaik dalam progres logistik. Namun untuk memperlancar progres kesibukan pengiriman barang, membutuhkan sebagian lampiran dokumen pengiriman barang lewat laut yang wajib tersiapkan. Dokumen-dokumen yang melampirkan yakni dokumen yang layak dengan standar nasional maupun internasional dalam kesibukan pengiriman barang, sehingga betul-betul penting bagi Anda menyiapkannya dengan bagus supaya cara kerja pengiriman barang berjalan lancar.

Dokumen Release Order (RO)

Dokumen release order yakni dokumen yang berisi instruksi pelepasan aset kontainer kepada pembeli atau pemilik barang. Wujud dokumen ini seperti lampiran surat permohonan penjemputan barang atau kontainer oleh pihak tertentu. Dalam dokumen RO berisi :

  • Nomor resi RO atau RO Number
  • Barcode yang berfungsi untuk pemilihan kontainer ketika di depo pelabuhan
  • Depo atau daerah kontainer kosong berada
  • Service yang memuat isu perihal asal dan tujuan container
  • Voyage yang memuat isu kapal yang mengantarkan barang, dari kota asal menuju kota tujuan pengiriman barang

Shipping Instruction (SI)

Shipping Instruction yakni dokumen perjanjian pengiriman barang antara pihak pertama (shipper) dan pihak kedua (perusahaan logistik yang membawa barang kiriman). Dokumen SI ini akan memberikan kepada pihak kedua supaya bisa mengerjakan pengangkutan bobot barang di pelabuhan berhubungan. Dokumen shipping instruction berisi:

  • Nama shipper
  • Nama consignee atau penerima
  • Notify address
  • Letak pelabuhan barang dimuat
  • Nama pelabuhan tujuan barang kiriman
  • label dan variasi barang
  • Jumlah dan berat volume barang
  • Commercial invoice
  • Dated (waktu)
  • Notify party

Surat Instruksi Muat

Dokumen ini keluar oleh perusahaan jasa pengiriman dan akan terbagi kepada pihak pertama atau shipper. Dokumen ini berisi variasi bobot barang kiriman, jumlah beban, berat muatan, serta nama dan nomor telepon pengemudi.

Surat Jalan Kontainer

Sebelum kontainer dikirim, perusahaan jasa pengiriman akan memberikan surat jalan sebagai bukti bahwa kontainer yang dibawa oleh pihak pengirim sudah mendapatkan izin berangkat menuju pelabuhan untuk mengerjakan cara kerja loading barang ke kapal. Dokumen surat jalan ini umumnya berisi variasi barang, jumlah barang, pedoman tangan dari pihak pengirim, isu sopir serta petugas gudang. Sekiranya perusahaan pengirim memiliki jasa trucking sendiri, kareananya surat jalan berisi isu internal perusahaan antar departemen yang bersangkutan.

Equipment Interchange Receipt (EIR)

Dokumen ini dikeluarkan oleh depo pelayaran dan memberikan terhadap pihak jasa trucking. Dokumen ini keluar ketika memuat dan mengosongkan kontainer. Jadi dokumen ini yakni isu mengenai pemeriksaan situasi kontainer terhadap pihak yang bertanggung jawab, apakah terdapat kerusakan atau tak. Dokumen EIR ini terdapat 2 variasi, yakni EIR pelabuhan asal dan EIR pelabuhan tujuan. Isi dokumen EIR berisi daftar nomor peti kemas pada kontainer, kode kapal dan pelayaran, posisi susun, dan posisi penyimpanan.

Bill of Lading (B/L)

dokumen pengiriman barang lewat laut, Dalam dokumen pengiriman barang lewat laut, dokumen bill of lading yakni dokumen yang paling penting ketika cara kerja pengiriman barang laut. Dokumen bill of lading yakni dokumen perjanjian pengangkutan bobot antara pengirim, penerima, serta pihak pelayaran. Jadi dokumen ini akan berisi kabar komplit yang betul-betul terperinci mengenai nama pengirim, nama kapal, data bobot barang, pelabuhan muat dan pelabuhan bongkar, rincian freight, metode pembayaran, nama penerima, jumlah B/L original, dan tanggal tanda tangan.

Dokumen bill of lading ini bisa menerapkan sebagai tanda terima barang, dokumen kepemilikan untuk pengambilan barang di pelabuhan tujuan, serta sebagai kontrak perjanjian barang yang akan dikirim. Untuk itu, dokumen bill of lading ini yakni dokumen terpenting dalam dokumen pengiriman barang lewat laut.

Delivery Order

Dokumen ini yakni surat instruksi penyerahan barang yang pesan dengan kesepakatan yang menciptakan antara pengirim dan penerima, yang dimaksud terhadap gudang perusahaan. Fungsi dokumen ini sebagai keterangan legal terhadap pembelian barang dari pihak pengirim terhadap pihak penerima, sebagai kabar yang memuat rincian barang, dan sebagai pedoman bukti bahwa penerima sudah mendapatkan barang lewat tanda tangan yang tercantum pada dokumen delivery order.

Setelah cara kerja pengiriman barang lewat laut sudah selesai, umumnya sebagian dokumen mesti terkirim kembali terhadap pengirim sebagai tanda bukti bahwa barang yang terkirim sudah beres. Dokumen pengiriman barang lewat laut yang semestinya terkirim lagi terhadap pengirim diantaranya SI, RO, surat jalan, B/L, dan EIR.

Untuk itu, selain pengirim, penerima, maupun pihak pengirim wajib berhati-hati ketika membatasi dokumen pengiriman barang melewati laut ini. Karena selain penting, sebagian dokumen juga perlu terkirim kembali terhadap pihak pengirim sebagai tanda bukti pengiriman barang lewat laut.

Demikian kabar mengenai dokumen pengiriman barang lewat laut. Semoga bisa menambah wawasan Anda mengenai cara kerja pengiriman barang lewat laut supaya cara kerja pengiriman barangnya lancar dan tanpa hambatan. Temukan juga kabar mengenai layanan port to port hingga layanan pengiriman door to port di laman Access Logistik.

Alhamdulillah,

Saat ini SDD Logistics melayani jasa pengiriman menggunakan Pick Up, Truk Box, Tronton, Fuso, Trailer, Wingbox dll, kami juga melayani sewa truk untuk area Sumatra, Jawa-Bali, hingga Kalimantan dan kota-kota lainnya di luar pulau Jawa

Informasi lebih lengkap mengenai jasa pengiriman barang langsung saja Chat Whatsapp Tim Kami

– CS 1 081333648936

– CS 2 082330703871

Alamat kantor SDD Logistics

Kantor Pusat Surabaya : Jl.Ngagel Tama No.78 Surabaya

Kantor Cabang Jakarta : Jl. Pahlawan Komarudin no 46, Ujung Karawang, RT 04/05 Kel. Pulogebang, Kec. Cakung, Jakarta Timur 13950

website : www.sdd-logistics.com